Sabtu, 05 Februari 2011

The Art of "Mirit"

Kalau baca judulnya, buat yang pernah maen kartu domino atau remi pasti tahu istilah mirit. Jujur, saya paling hobi beli (mirit) burung bahan, nggak tahu kenapa, mungkin karena harganya lebih murah daripada burung jadi, terus mungkin juga karena ada kepuasan tersendiri kalau memang ternyata piritan kita sesuai dengan yang diharapkan ketika burung sudah dalam kondisi jadi (bukan bahan lagi). Sebenernya faktor utamanya menurut saya adalah pengalaman dan feeling, semakin kita berpengalaman dalam satu jenis burung, Insya Allah piritan kita nggak akan jauh meleset. Entah dari katuranggan dan sebagainya. Dan menurut saya karena di situlah salah satu seninya memelihara burung kicauan yaitu mirit burung bahan di Pasar Burung :D


Banyak orang yang saya pandang sebagai guru saya, (masalahnya saya juga nggak tahu apa orang yang bersangkutan mengganggap saya sebagai murid atau tidak :D) contoh untuk AM, Om Arda salah satu Mod AM di www.kicaumania.org (red:KM) adalah guru saya, totalitasnya di AM sungguh membuat saya berdecak kagum. Sebenernya di KM banyak yang bisa dijadikan guru seperti Om Arkum, Om Duto, Om CJ, Om issad, Om Sutoto, Om Ari JB, Om Goes, Om Tony Music, Om Christ Murdock, Om SH, Om Subianto, Om Jayanz, Om Ben, Om Hery Aceh, Om R, Om HK, Om Ocand, Om NA, Om Ali Hendro, Om Ali Nursojo, Om Gombest dan om-om yang lain, maaf saya nggak bisa sebutkan satu persatu, karena saking banyaknya di KM, cuman kenapa saya kasih contoh Om Arda mungkin karena saya pernah beberapa kali ketemu sama Om Arda, jadi belum bisa menimba ilmu secara offline dari yang lain.

Jadi, KM adalah tempat yang tepat untuk menimba ilmu burung kicauan, rajin-rajinlah membaca thread yang ada, dan rajin-rajinlah bertanya kepada rekan-rekan yang ada di sini, jalinlah persahabatan yang baik kepada sesama anggota, karena satu musuh sudah terlalu banyak sedangkan 1000 teman masih terlalu sedikit.

Pesan moral yang ingin saya sampaikan dari tulisan ini adalah, spesialisasi dan janganlah berkecil hati atau kapok dalam memelihara burung kicauan.
Semakin anda fokus dalam satu jenis burung, saya yakin piritan anda (kalau beli burung bahan) nggak akan jauh meleset. Memang semua itu butuh waktu dan pengorbanan, terutama materi. Tapi jika anda serius untuk menekuninya, pasti anda akan menuai hasilnya cepat atau lambat.

Kalau untuk cara mirit CR nanti saya bahas lebih lanjut ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar