Rabu, 20 Juli 2011

Kuliah





Alhamdulillah, finally i finished my study at FE UI on July 14, 2011. Pada tanggal tersebut saya berhasil mempertahankan Skripsi saya yang berjudul "Analisis Metode Peramalan Penjualan Sapi Potong, Studi Kasus : PT. Elders Indonesia" di depan Dewan Penguji, unforgettable moment. 



Suka dan duka mengiringi perjalanan saya dalam meraih gelar Sarjana Ekonomi. Setidaknya saya sudah selesai meletakkan salah satu beban tanggung jawab yang selama ini saya pikul di pundak saya diantaranya keluarga - pekerjaan - kuliah dan penangkaran. Sekarang tinggal 3, keluarga - pekerjaan dan penangkaran, Insya Allah saya bisa menjalaninya dengan baik, istri saya tercinta membantu saya dalam hal penangkaran.



Target saya dalam menyelesaikan mata kuliah hanya 1,  lulus !! Mau nilainya C pun, it's ok, yang penting lulus, karena standar penilaian FE UI saya katakan sangat tinggi. Sekalipun saya meraih gelar tersebut melalui Program Ekstensi, namun standar penilaian yang di terapkan sama dengan standar penilaian Program Reguler. Tidak sedikit pula teman-teman yang gagal menyelesaikan studinya, saya juga sempat termasuk salah satu diantaranya, dengan tekad yang tinggi akhirnya saya berhasil menyelesaikan dalam waktu 3 tahun (standar). Saya terdaftar di program ekstensi FE UI tahun 2002 namun masa studi saya habis di tahun 2008 dan saya masih ada 1 mata kuliah yang saya tidak lulus, yaitu mata kuliah Akuntansi Biaya. Can you imagine about that ? Akhirnya saya mendaftar lagi di tahun 2008 dan lulus ujian masuk, namun saya harus mengulang dari awal, mata kuliah yang pernah saya ambil tidak di akui semuanya, yang di akui hanya yang mendapatkan nilai A, padahal mayoritas nilai saya adalah C dan kurikulumnya juga sudah berubah, akhirnya yang diakui hanya 4 mata kuliah !!! Dari tahun 2002 hanya 4 mata kuliah yang bisa di transfer nilainya, pfff. Ya sudah, demi meraih gelar yang saya cita-citakan yaitu gelar Sarjana Ekonomi, akhirnya saya mulai lagi dari awal. Kalau kata rekaman suara pas ujian listening di LB LIA "Let's begin with part A"


Pemilihan dosen sangatlah berpengaruh disini (red: FE UI). Sebelum masa pendaftaran akademik, bayarlah SPP terlebih dahulu biar bisa ambil mata kuliah di masa pendaftaran akademik. Kalau belum bayar atau telat bayar, ya siap-siap aja nggak bisa milih dosen, karena mahasiswa/i yang lain sudah stand by di depan komputernya masing-masing. Ketika masa pendaftaran akademik di buka, sering-seringlah login ke SIAK-NG, karena dosen favorit (murah hati dalam pemberian nilai) paling cepat terisi mahasiswa/i nya, malah kadang melebihi dari batas yang di tentukan. Kalau daftar sudah lewat batas kelas maksimum, bersiap-siaplah anda cemas, anda pasti terlempar di kelas yang lain dengan dosen yang jelas berbeda. Kalau sudah begitu cari alternatif dosen, buru-buru (lekaslah) pindah sebelum terisi penuh. Kalau nggak ada pilihan lain, ya harus di terima dengan lapang dada, berjuanglah semaksimal mungkin, karena penilaian benar-benar hak prerogatif dosen, setidaknya anda sudah berusaha mengikuti kelasnya walaupun probabilitas tidak lulus buat orang-orang standar seperti saya sangatlah besar. Buat yang pengen cari tahu secara on line tentang dosen-dosen FE UI, klik link ini. Ketik nama dosennya di kotak pencarian.


Alhamdulillah dengan pengalaman saya sebelumnya selama 6 tahun di FE UI, saya tahu harus milih dosen siapa, walaupun kadang ada juga dosen yang belum saya kenal. Kalau boleh saya bilang mata kuliah jebakan yang kerap kali harus mengulang adalah mata kuliah Akuntansi Biaya dan Statistika Ekonomi. Usahakan ketika mengambil mata kuliah ini tidak ada mata kuliah hitungan yang lain, dan jangan lupa pilih dosen yang lebih baik diantara pilihan yang tersedia.


Kuliah sambil kerja dan berkeluarga bukanlah hal yang mudah bagi orang-orang yang sedang-sedang saja seperti saya (pinter nggak-bodoh juga nggak), apalagi dengan standar penilaian yang sudah saya tulis di atas, selain materi, otak dan pikiran butuh tetesan keringat dan air mata. Namun ketika anda sudah melewatinya, you will be fully satisfied. Pesan saya bagi anda yang sudah punya anak, lebih baik langsung ambil gelar Sarjana untuk putra-putri anda, jangan Diploma. Pesan saya bagi yang masih kuliah, tetap semangat, hidup adalah perjuangan.


Thanks to :
Allah SWT
My Lovely Wife
My Sons 
My Mom & My Sister

2 komentar:

  1. Mantap bro Pojan!! Gw segera menyusul...
    Langsung ambil MMUI, okeh??...


    mamang iwan buset

    BalasHapus
  2. Wakakakak, MM ntar dulu dah, duitnya brade. Ngomong2 koq ente bisa nyasar ke blog ini, jadi malu nih dibaca sama temen seangkatan, jangan cerita2 ke yang laen ya wan

    BalasHapus